Register Login
  1. miniatur pesawat yang membawa apara astronot ke luar angkasa

    miniatur pesawat yang membawa apara astronot ke luar angkasa miniatur pesawat yang membawa apara astronot ke luar angkasa
  2. Ilustrasi bagian depan pesawat luar angkasa

    Ilustrasi bagian depan pesawat luar angkasa Ilustrasi bagian depan pesawat luar angkasa
  3. Ilustrasi berupa gambar tentang bagaimana para astronot bekerja di luar angkasa

    Ilustrasi berupa gambar tentang bagaimana para astronot bekerja di luar angkasa Ilustrasi berupa gambar tentang bagaimana para astronot bekerja di luar angkasa
  4. Kalau sepintas konsepnya mirip Planetaruim yang berada di Jakarta,

    Kalau sepintas konsepnya mirip Planetaruim yang berada di Jakarta, Kalau sepintas konsepnya mirip Planetaruim yang berada di Jakarta,
  5. Salah satu baju astronot juga dipamerkan di sini

    Salah satu baju astronot juga dipamerkan di sini Salah satu baju astronot juga dipamerkan di sini
  6. Dibeberapa bagian para pengunjung bisa merasakan sensasi simulasi ruang angkasa

    Dibeberapa bagian para pengunjung bisa merasakan sensasi simulasi ruang angkasa Dibeberapa bagian para pengunjung bisa merasakan sensasi simulasi ruang angkasa

Hong Kong Space Museum Buat Pengunjung Serasa Terbang Ke Luar Angkasa

Selain surga belanja, Hong Kong juga menawarkan lokasi-lokasi wisata yang menarik mulai dari wisata alam hingga segudang wisata edukasi. Wisata edukasi yang bisa anda kunjungi saat di Hong Kong untuk menambah pengetahuan anda salah satunya adalah Hong Kong Space Museum. 

Hong Kong Space Museum ini berada di wilayah pusat kota Hong Kong tepatnya di TsimSha Tsui, bersebelahan dengan Avenue of Stars yang sangat mudah diakses. Museum ini memiliki luas sekitar 8 ribu meter persegi, terdiri dari dua sayap yakni Timur dan Barat dan mulai dibuka untuk umum sejak tahun 1980. 

Kalau sepintas konsepnya mirip Planetaruim yang berada di Jakarta, namun soal koleksi yang ditampilkan oleh Hong Kong Space Museum ini jauh lebih lengkap dan unik. Gedung museum sendiri menyerupai kubah bulat yang mempunyai dua lantai yang bisa dikunjungi. 

Di dalam museum terdapat ruang teater Stanley Ho, aula lokakarya ilmu pengetahuan ruang angkasa, Kemudian di sayap bagian lain museum ini Anda akan menemukan Aula Astronomi, ruang kuliah, serta toko souvenir pada bagian depan. 

Hongkong Space Museum ini juga menawarkan pertunjukkan Omnimax serta pameran barang-barang astronomi tentunya. Mulai dari roket, bagaimana ilustrasi gambar hingga video dengan beberapa jenis bahasa pilihan yang menjelaskan misalnya bagaimana para astronot makan dan bertahan hidup di ruang tanpa gravitasi. 

Di area Hall of Astronomy para pengunjung akan menemukan beberapa area yang bisa di kunjungi untuk mendapatkan informasi yang cukup akurat tentang dunia luar angkasa. Salah satu ruangan yang bisa anda kunjungi adalah Observational Astronomy. Di sini para pengunjung akan dipaparkan mengenai apa itu angkasa luar. 

Dan di area ini pula anda akan mendapatkan informasi seputar kegunaan dari teleskop dan para pengunjung juga dapat mencoba beberapa jenis teleskop yang disediakan. Sementara tidak jauh dari Observational Astronomy ini, anda bisa mengunjungi The Solar System. Di bagian The Solar System ini para pengunjung akan diberi informasi bagaimana proses terjadinya gerhana matahari dan juga gerhana bulan. 

Setelah mengunjungi Observational Astronomy dan The Solar System, anda bisa mengunjungi Solar Science. Di area atau wahana pengetahuan ini, para pengunjung akan dibawa untuk menelusuri mengetahui apa saja yang terkandung dari sinar matahari. 

Di Solar Science, anda akan diberi informasi penting mengenai apa saja manfaat matahari dan juga waktu yang tepat bagi tubuh menerima sinar matahari langsung. Kandungan sinar ultraviolet yang bisa menyehatkan tubuh bisa anda dapatkan informasinya di The Solar System ini. Sementara itu juga ada area Star System letaknya masih berada di Hall of Astronomy. 

Di area ini para pengunjung akan mendapatkan infomasi mengenai bintang yang sering anda lihat di langit. Di area Star System anda akan diberikan sebuah informasi mengenai apa itu bintang sebenarnya. Dan bagaimana bintang-bintang ini berpijar dan mendapatkan sinar dari matahari langsung. 

Di area ini pula anda akan ditunjukkan apa itu rasi bintang Orion dan rasi bintang yang lainnya. Area terakhir di Hall of Astronomy ini adalah Universe. Di area ini anda akan diajak untuk melihat galaksi Bima Sakti. Untuk dapat masuk ke dalam Hong Kong Space Museum pengunjung diharuskan membeli tiket masuk sebesar 10 HKD untuk orang dewasa dan 5 HKD untuk anak-anak. 

Bisa dikatakan museum ini merupakan tempat yang tepat untuk dikunjungi, terutama bagi Anda yang mempunyai anak dan ingin menambah informasi di bidang astronomi atau bagi anda yang memiliki minat tinggi untuk mendalami bidang ini. (Roy/gedoor)   



13 Juni 2015 - 15:52:49 WIB
Foto : Roy/gedoor
Dibaca : 3828
  • 10 Salisbury Road, Tsim Sha Tsui, Kowloon, Hong Kong
  • Senin, Rabu – Jumat dari jam 13.00 AM– 21.00 PM. Hari Sabtu, Minggu &hari; libur 10.00 AM – 21.00 PM
  • +852 2721 0226
  • Maps

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Kelereng Kelereng
Jumat, 13 Januari 2012
Japan Heroes United 2014 Japan Heroes United 2014
Selasa, 10 Juni 2014
Base Jumping Base Jumping
Rabu, 28 September 2011
Paintball Paintball
Kamis, 29 September 2011

SHARE