Register Login

New Land Rover Discovery Sport SUV Paling Serba Guna Di Dunia

PT. Grandauto Dinamika (GAD), Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Jaguar Land Rover di Indonesia dengan bangga meluncurkan Premium Compact SUV terbaru dan paling serba guna di dunia, Land Rover Discovery Sport di ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015.

lnilah SUV paling canggih dan paling mewah di kelasnya. "IniIah pencapaian tertinggi dari Land Rover melalui New DiscoverySport yang hadir dengan segudang teknologi dan fitur-fitur terbaik serta menunjukkan kemampuannya yang canggih di on road maupun off road extreme. Kehebatannya tersebut kini bisa dirasakan konsumen di Indonesia yang menginginkan kepuasan premium dari sebuah SUV asal Inggris yang Iegendaris,” ujar Bambang Tjahyono, Direktur Operasionai PT. Grandauto Dinamika.  

Dari sosoknya, Discovery Sport dapat dengan jelas diidentifikasi sebagai Land Rover, namun dengan desain yang lebih progresif, yang secara khusus dirancang untuk membedakannya dengan keluarga Land Rover Iain: Kemewahan (Range Rover), Keleluasaan (Discovery) dan Multi-Guna (Defender).  

Mobil yang menjadi anggota keluarga Discovery ini memiliki keunikan tersendiri di segmennya berkat desainnya yang dinamis, menawarkan konfigurasi tempat duduk 5+2 dengan kesatuan desain dan rekayasa teknis dalam sosok yang kompak.  

Garis pada bonnet yang menurun hingga menjadi satu dengan garis bahu yang memanjang ke belakang, memberikan profil yang kompak namun dapat mewujudkan ruang kabin yang luas dengan pilihan tempat duduk 5+2.

Desain ini juga didukung keunggulan kegunaannya: visibilitas keseluruhannya istimewa, sementara bagian interior dan ruang penyimpanan mudah diakses dan dioptimalkan.   Debut beberapa inovasi Land Rover, antara lain generasi baru suspense belakang multi-link dan balutan baja berkekuatan tinggi serta alumunium ringan yang menyuguhkan performa, keselamatan dan efisiensi luar biasa.  

Suspensi belakang baru juga dapat mengurangi kebisingan kabin dan memaksimalkan ruang bagasi serta baris ketiga, oleh karena lebih kecilnya rumah dudukan suspensi di bagian belakang. Emisi rendah serta efisiensi bahan bakar menjadi keunggulan SUV benivujud kompak ini, berkat pilihan mesin bensin atau diesel 4-silinder, sistem penggerak dua atau empat roda serta transmisi 9-percepatan otomatis.  

Pilihan mesin Discovery Sport di Indonesia ditawarkan dalam dua mesin, yaitu diesel dan bensin. Untuk mesin diesel, PT Grandauto Dinamika menyiapkan mesin 2,200 cc turbo bertenaga 190 HP dengan torsi maksimum 420 Nm/1,750 RPM dengan transmisi 9-percepatan otomatis.  

Sedangkan untuk mesin bensin, memiliki kapasitas mesin 2,000 cc turbocharged bertenaga 240 HP dengan torsi maksimum 340 Nm/1,750 RPM dengan transmisi 9-percepatan otomatis. Keunggulan dalam kemampuannya di lintasan off-road merupakan DNA dari Land Rover.

Secara alami geometri badan Discovery Sport telah dioptimalkan untuk medan paling keras sekalipun, dengan ketinggian mobil, approach, departure dan brakeover angle yang tepat, serta kemampuannya menembus genangan air hingga 600 mm.

Sistem Terrain Response® milik Land Rover pada sistem penggerak empat rodanya memungkinkan pengemudi untuk memilih pengaturan sesuai dengan kondisi yang akan dihadapi. Terdapat lima pengaturan yang tersedia: General, Grass/Gravel/Snow, Mud and Ruts, dan Sand.  

Fitur Discovery Sport Iain yang mendukung ketangguhannya di berbagai medan, yaitu:
 
·  Hill Descent C0ntroI® (HDC)
·  Gradient Release Control® (GRC)
·  Roll Stability Control (RSC)
·  Dynamic Stability Control (DSC)
·  Electronic Traction Control (ETC)
·  Engine Drag torque Control (EDC)  

Selain itu, di jalanan on-road, pengendaraan Discovery Sport juga unggul berkat beberapa fitur kunci, yaitu:  

·  
Suspensi belakang multi-link baru

•  Variable-ratio, electric power-assisted steering (EPAS)
•  Torque Vectoring by Braking (TVB)
•  Transmisi otomatis 9-percepatan dengan adaptive shift strategy
•  Rem cakram depan 325mm dengan kaliper dan bantalan rem generasi baru  

Teknologi terkini diaplikasikan pada Land Rover Discovery Sport untuk memaksimalkan kenyamanan dan keselamatan berkendara. Pengembangan baru dilakukan mulai dari penggunaan sistem infotainment dengan layar sentuh 8-inci hingga airbag pejalan kaki yang dapat meminimalkan dampak dari tabrakan.

Beberapa fitur Iainnya, antara lain:  

•  Electric Power—Assisted Steering (EPAS)

•  Trailer Stability Assist

•  Tow Assist & Tow Hitch Assist

•  Satellite-navigation system
•  Lampu utama otomatis
•  Rain-sensitive wipers
•  Sensor parker  

Untuk harga, Discovery Sport Diesel dibanderol sebesar Rp 1,29 miliar. Sedangkan varian bensin  dengan harga off the road Rp 1,4 miliar. 



24 Agustus 2015 - 14:57:01 WIB
Foto : Roy/gedoor
Dibaca : 2613

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Wine & Cheese Expo JFFF 2014 Wine & Cheese Expo JFFF 2014
Senin, 19 Mei 2014
Doremi Talent Concert Doremi Talent Concert
Selasa, 06 Mei 2014

SHARE