Register Login

UNICEF Gerakkan Aksi Nasional Tinju Tinja

Untuk memperingati Hari Toilet Sedunia pada 19 November 2015 lalu, UNICEF Indonesia bersama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menggelar Aksi Nasional Tinju Tinja. Kampanye Tinju Tinja ini bertujuanmenghapus perilaku ‘Buang Air Besar Sembarangan’ di Indonesia dengan mengikutsertakan keterlibatan masyarakat terutama kalangan anak muda, yang diwakili artis Dion Wiyoko dan juga Duta Tinju Tinja Melanie Subono.

Indonesia adalah Negara kedua dengan angka BABS terbesar di dunia, setelah India. Sebanyak 2,4 miliar penduduk dunia tidak memiliki toilet dan 946 juta – atau kurang lebih 1 dari 8 orang di dunia buang air besar di tempat terbuka. Upaya pemerintah untuk menghapus perilaku ini patut didukung karena semakin banyak bukti yang menunjukan keterkaitan antara sanitasi buruk dengan malnutrisi. Sementara itu, sekitar 159 juta balita mengalami hambatan pertumbuhan dan 50 juta lainnya berat badannya dibawah rata-rata normal untuk usia mereka.

Sebuah laporan yang dirilis dari Improving Nutrition Outcomes with Better Water, Sanitation and Hygiene, dari UNICEF, USAID dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk pertama kalinya menyatukan hasil riset dan studi kasus selam bertahun-tahun yang menunjukan mata rantai yang menghubungkan sanitasi dan malnutrisi. Menurut laporan tersebut, kurangnya sanitasi dan perilaku BABS, berkontribusi kepada diare dan penyebaran parasit perut, yang akhirnya mengakibatkan malnutrisi.

Sanitasi dan kebersihan dapat membantu mencegah diare yang merupakan penyebeb 9 persen kematian pada balita setiap tahunnya. Catatan UNICEF menunjukan bahwa 1,7 miliar balita di dunia mengalami kasus diare setiap tahunnya. Sekitar 300.000 balita meninggal setiap tahun, atau lebih dari 800 per hari balita meninggal dunia dari penyakit diare yang diakibatkan air, sanitasi dan kebersihan yang buruk. (Angga W/geDoor)



23 November 2015 - 16:37:06 WIB

Dibaca : 1098

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

MadBall Konser Perdana MadBall Konser Perdana
Senin, 18 Februari 2013
Shinzu’i White Concert Shinzu’i White Concert
Kamis, 26 Juni 2014
Hatebreed Gebrak Hammersonic 2014 Hatebreed Gebrak Hammersonic 2014
Senin, 28 April 2014

SHARE