Register Login

Pembudidaya Ikan Cupang Hias Di Jakarta Barat

Ikan Cupang (Betta sp.) adalah ikan air tawar yang habitat asalnya adalah beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan sangat agresif dalammempertahankan wilayahnya. Ikan yang satu ini cukup banyak penggemarnya di Indonesia, terutama di Jakarta.  Di Indonesia sendiri, ikan ini biasanya untuk di adu atau untuk menjadi ikan hias.

Salah satu pembudidaya ikan cupang yang ada di Jakarta letaknya ada di bagian barat kota Jakarta, tepatnya di Jalan Kembangan Selatan Rt.007 Rw.001, Kelurahan Kembangan Selatan, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat. Ya, di tempat ini ada lebih kurang 10 orang pembudidaya ikan cupang hias. Pembudidaya yang didukung penuh oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan ini di ketuai oleh M. Kasim.

Di tempat pembudidayaan ini, hampir semua jenis ikan cupang hias ada di sini. Namun tidak hanya cupang hias saja yang bisa kita jumpai, beberapa pembudidaya juga membudidayakan ikan cupang aduan, tetapi tidak banyak. Untuk jenis ikan cupang hias sendiri ada beberapa jenis, seperti Halfmoon (setengah bulan), cupang jenis ini mempunyai sirip dan ekor yang lebar dan menyerupai bentuk bulan setengah. Ada juga jenis Crowntail (ekor mahkota) atau serit, Double tail (ekor ganda), Plakat Halfmoon, dan Giant (cupang raksasa), jenis ini merupakan hasil perkawinan silang antara cupang biasa dengan cupang alam, cupang giant ini ukurannya bisa mencapai 12 cm.

Untuk harga ikan cupang hias di sini terbilang cukup murah, apabila kita membeli secara partai atau banyak, harga yang ditawarkan pedagang untuk cupangnya mulai dari 1000 rupiah hingga 2000an rupiah untuk pembelian minimal 100 ikan, tergantung jenis dan ukuran cupang. Jika membeli satuan, harganya mulai dari 5000 hingga 25000 rupiah. Bagi Anda pencinta ikan cupang hias, bisa langsung meluncur ke daerah Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Selamat Berburu Ikan Cupang! (Angga W/geDoor)



05 Januari 2016 - 15:25:35 WIB
Foto : Angga W.
Dibaca : 4963
  • Jl. Kembangan Selatan Rt.007 Rw.001, Kel. Kembangan Selatan, Kec. Kembangan, Jakarta Barat
  • 0838 – 0793 – 0630 / 0857 – 1613 - 4914
  • Maps

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Papak Dor/Angsretan/Tembakan Bambu Papak Dor/Angsretan/Tembakan Bambu
Selasa, 10 Januari 2012
Kelereng Kelereng
Jumat, 13 Januari 2012
Doremi Talent Concert Doremi Talent Concert
Selasa, 06 Mei 2014

SHARE