Register Login

Museum Nasional (Tengkorak)

Apa yang terbayang di benak anda ketika melihat tengkorak mayat? Akan muncul berbagai persepsi tentang tengkorak tersebut. Baik darimana maupun apa yang perlu diketahui dari tengkorak itu. Tapi, tak usah khawatir dengantengkorak yang satu ini. Dengan penempatan yang rapih dan dijaga, tengkorak manusia zaman dulu ini dapat menjadi pelajaran bagi kita semua.

Benarkah? Adalah ilmu paleoanthropologi yang dapat mengungkapkan kehidupan manusia masa lalu melalui penelitian tulang belulang. Dalam ilmu ini diteliti pula tentang fosil manusia purba yang hidup lebih dari sejuta tahun yang lalu serta manusia prasejarah yang hidup pada masa kemudian. Bila anda berkunjung ke Museum Nasional anda akan diperlihatkan banyak pelajaran seputar tengkorak itu. Termasuk tulang dan gigi manusia. Karena dengan inilah, peneliti dapat memberi keterangan tentang kehidupan manusia dan menjelaskan tentang genetika.

Selain itu diungkap pula keadaan makanan, keadaan lingkungan dimana manusia hidup, keadaan sosial serta berpindahnya populasi (migrasi), umur rata-rata dan lain sebagainya. Kita pun akan mengetahui tentang kesehatan yang baik serta kesembuhan dari luka yang berat dan evolusi anatomi manusia. Dengan ilmu itulah kita memperoleh banyak hal informasi yang diinginkan. Dan melalui ilmu itu pula kita memiliki banyak pengetahuan manusia yang hidup di masa lalu. Termasuk juga penemuan yang telah dilakukan oleh peneliti. Seperti tulang paha yang ditemukan di trinil oleh dubois, berbagai macam tengkorak yang menunjukkan masa kehidupan mereka, gigi geligi dari Ara, Bulukumba, Sulawesi Selatan atau pun ditemukannya tulang-tulang manusia di Kedungwringin, Cikarang, Bekasi Barat. Di sini, wawasan pengetahuan saya bertambah. Bagaimana dengan anda? Tertarik melihatnya? (Firman)



22 Agustus 2011 - 15:11:17 WIB

Dibaca : 1685

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Museum Manggala Wanabakti Museum Manggala Wanabakti
Selasa, 09 Agustus 2011
Museum Minyak dan Gas Bumi Museum Minyak dan Gas Bumi
Kamis, 08 September 2011
Museum Transportasi Laut Museum Transportasi Laut
Kamis, 08 September 2011
Museum Bank Indonesia Museum Bank Indonesia
Rabu, 05 Oktober 2011
Wayang Revolusi Wayang Revolusi
Kamis, 28 Maret 2013

SHARE