Register Login

Wall Clambing

Wall Climbing adalah sebuah olahraga yang bisa dikatakan cukup ekstrim, yang memakai tali saja sudah sangat berbahaya apalagi tidak menggunakan bantuan seperti tali pengaman. Ada seorang tokoh di bidang panjat-memanjat kelas dunia ini yang berasal dari Prancis bernama Alain Robertberusia 48 tahun yang melakukan kegiatan olahraga panjat namun medan atau halang rintangnya bukan papan ataupun tebing batu melainkan gedung bertingkat yang biasanya dipilih olehnya adalah yang tertinggi di kota tempat ia akan memanjat.

Beliau pernah memanjat salah satu gedung tertinggi di Jakarta beberapa tahun yang lalu, namun setelah sukses menaklukkan gedung sesampainya di atas Alain langsung ditangkap oleh Polisi yang telah menunggunya memanjat sedari tadi. Alain tahu bahwa setiap kegiatan berbahayanya itu dilakukan pasti ia akan ditangkap oleh pihak yang berwajib, namun ia tidak akan berhenti melakukan hobinya tersebut, karena menaklukan gedung tertinggi adalah sesuatu hal yang dapat membuat kepuasan tersendiri bagi dirinya. Kalau tidak ingin mengikuti jejak Alain sebaiknya bila menyenangi olahraga panjat ini dilakukan dengan petunjuk serta latihan sebelum melakukannya ditambah didampingi oleh instruktur maupun orang yang telah ahli dibidang panjat dinding.

Salah satu tempat umum yang saya tahu menyediakan fasilital papan Wall Climbing ini adalah Gelanggang Soemantri Brojonegoro, kuningan. Di dalam kawasan ini terdapat dua papan panjat yang telah didesain khusus untuk kegiatan panjat papan. Papan yang dimaksudkan di sini pasti banyak dari anda yang sudah tahu kan, biasanya berbentuk hurup L bila dilihat dari atas atau berbentuk datar saja sampai ketinggian tertentu. Tinggi papan biasanya 10-15 meter, dan dipasang pijakan semacam batu untuk menyanggah kaki menuju kepijakan selanjutnya, dan biasanya semakin tinggi papan yang kita lewati semakin tinggi pula tingkat kesulitan yang akan dihadapi. Di gelanggang ini banyak yang terlihat memanfaatkan fasilitas ini dengan baik tercermin dari antusiasnya komunitas-komunitas yang menyenangi olahraga ini berkumpul dan melaksanakan hobinya secara bersama-sama. (Roy)



28 September 2011 - 16:05:26 WIB

Dibaca : 1644

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Cublak-Cublak Suweng Cublak-Cublak Suweng
Senin, 09 Januari 2012
Kelereng Kelereng
Jumat, 13 Januari 2012

SHARE