Register Login

Kubah Barat

Pagi begitu cerah, ketika saya sampai di pintu masuk Taman Mini Indonesia Indah (TMII) II. Aktivitas pengelola baru saja berlangsung dan beberapa pengunjung nampak mulai berdatangan seiring dibukanya wisata TMII. Tak lama berselang membeli tiket masuk, saya pun langsung menuju Taman Burung yang lokasinya berada didalam lingkungan TMII. Setelah mengeluarkan sejumlah uang lagi, saya bisa memasuki lokasi taman tersebut. Kicauan burung yang berada di dalam seolah menyambut kedatangan saya. Saya pun terpesona dengan keadaan di sana hingga tak sabar berkeliling.

Sampailah di depan Kubah Barat. Lokasi seperti halnya rumah kaca besar yang ditutup. Di dalam inilah saya mengenal berbagai jenis burung yang tersebar. Ada yang berada di dalam kandang dan terdapat pula yang berkeliaran di luar. Hingga saya pun bisa dekat dengan burung tersebut, Walaupun saat hendak menghampiri, mereka sedikit menjauh. Tapi inilah daya tariknya. Saya pun juga termasuk pengunjung lain dibuat senang akan keindahan dan lucunya burung-burung itu. Di antaranya Burung Jenjang Mahkota. Kepalanya seperti terdapat putik bunga yang berbentuk kipas. Itulah mahkotanya yang dikenakan setiap saat. Burung ini memakan biji-bijian dan serangga.

Penyebaran burung yang memiliki kaki agak tinggi berwarna hitam ini di daerah Afrika. Tak berapa lama berjalan saya bertemu dengan Burung Makau Merah yang penyebarannya di Amerika Selatan. Jenis burung ini memiliki mulut atas lancip dan agak bengkok ke bawah berwarna putih. Begitupun pada bulu-bulunya yang berwarna merah diselingi sedikit hitam dan ekor yang menjulur ke bawah. Makanan burung yang berada di dalam teralis besi ini jagung dan biji bunga matahari. Selain kedua burung tersebut, masih banyak jenis burung yang diperlihatkan di sana. Seperti Burung Hantu Putih, Burung Elang Bondol, dan Burung Kuau Besar, Cukup membuat pengunjung berdecak kagum akan burung-burung yang terbilang langka di alam bebas.(Firman)



08 September 2011 - 13:29:23 WIB

Dibaca : 1245

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Keprajuritan Keprajuritan
Kamis, 08 September 2011
Patung Pemuda Membangun Patung Pemuda Membangun
Senin, 07 November 2011
Kota Wisata Cibubur (Australia) Kota Wisata Cibubur (Australia)
Kamis, 25 Agustus 2011

SHARE