Register Login

Surfing

Selancar merupakan sebuah olahraga yang biasanya berlangsung di atas ombak laut yang tinggi. Olahraga ini dilakukan dengan menggunakan sebilah papansebagai alat untuk bermanuver di atas ombak. Papan tersebut akan bergerak dengan menggunakan tenaga arus ombak di bawahnya dan arahnya dikemudikan seorang peselancar. Adrenalin akan terpacu karena tertekan untuk mengarahkan papan selancar sekaligus menjaga keseimbangan, mirip rodeo, kali ini tunggangannya ombak liar.

Di awal abad ke 20 berselancar mulai dikenal oleh orang Amerika dan Australia dan komunitas selancar pun terbentuk pada beberapa pantai di AS. Budaya selancar muncul akibat dari naik pamornya olahraga yang kemudian melahirkan gaya hidup tersebut dan tercermin dari berbagai produk, musik, fashion, majalah hingga film-film yang menggambarkan anak pantai yang serba santai. Di Indonesia banyak lokasi yang dapat dikunjungi sepanjang tahun untuk berselancar pemula hingga kelas dunia, namun waktu terbaik untuk melakukan aktivitas tersebut adalah saat musim kemarau antara Mei sampai Oktober.

Pada rentang waktu tersebut, gelombang terbesar dan konsisten dapat ditemukan. Beberapa tempat yang sering digunakan untuk berselancar di Indonesia adalah Bukit Peninsula di Bali, Don Don atau Inside Ekas, Desert Point di Lombok, serta Pulau Grajagan. Di Sumatera, dua tempat yang terkenal dengan ombak besar bagi peselancar mancanegara adalah Nias dan Mentawai (Sumber : Wikipedia). (Roy)



29 September 2011 - 15:26:53 WIB

Dibaca : 2054

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Samaya Spa and Reflexology Samaya Spa and Reflexology
Jumat, 16 September 2011
Cla Spa Cla Spa
Kamis, 22 September 2011
Damask Bar, Resto & Lounge Damask Bar, Resto & Lounge
Jumat, 27 September 2013
Refleksi Vatya Refleksi Vatya
Kamis, 22 September 2011

SHARE