Register Login

Jajanan Jadul

Buat sebagian orang yang sudah melewati era tahu 80-an sudah pasti pernah menjajal camilan atau jajanan sewaktu di sekolah dahulu, entah kemana ya jajanan yang terkenal dahulu itu. Apa sudah tutup produksinya atau telah bertransformasi menjadi jajanan jenis lain karena pengaruh jaman yang semakin maju. Di bawah ini ada beberapa jenis jajanan jadul yang mungkin mengingatkan kita kepada masa-masa remaja atau kecil dulu.

Chiclets
Lupa-lupa ingat pasti dengan brand permen karet yang sangat terkenal ditahun 80-an, pada jaman itu tidak banyak pilihan untuk penggemar permenkaret dan Chiclets ini salah satu yang paling diminati pada saat itu. Dalam satu bungkus berwarna kuning tersebut berisi beberapa permen didalamnya. Bahkan pada waktu kecil sering mengunyah secara keseluruhan satu bungkus, lalu berlomba untuk membuat gelembung bola dari tiupan permen karet guna mencari siapa yang paling besar dapat membuatnya balon dari permen karet.


Permen Susu (White Rabbit)
Nama permennya sih White Rabbit, namun banyak konsumen yang berasal dari anak-anak menyebutnya permen susu. Bukan hanya anak-anak lho yang suka dengan permen ini orang dewasa juga ternyata menyukainya. Permen ini termasuk yang unik pada saat itu karena setelah membuka bungkus putih pada bagian depan ada juga bungkus terakhir pada permen yang tidak perlu dibuka karena akan larut sendiri dalam mulut si pemakannya. Namun kabar terakhir yang didapat bahwa permen ini sudah dilarang keberadaannya karena mengandung senyawa yang berbahaya bagi tubuh manusia.


Coklat Cap Ayam Jago
Jajanan coklat ini amat terkenal sekali dulu sewaktu saya masih sekolah dasar, namun kalau sekarang kalau diharuskan memakannya kembali, saya lebih baik memilih jenis coklat yang lain, alasannya sederhana sekali karena lidah saya dengan lidah sewaktu masih kecil berbeda. Coklat ini rasanya sangat sederhana gak macam-macam seperti banyak coklat yang saat ini beredar di masyarakat.


Coklat Payung
Namanya saja coklat payung, ya coklatnya mirip sepeti payung yang tertutup. Bentuknya tidak terlalu besar dan menggunakan stik plastik berbentuk pegangan payung dan dibalut cokat yang rasanya sebenarnya biasa saja namun sangat terkenal sebagai jajanan anak sekolah. Kalau harga saya sih sudah lupa berapa satuannya, namun kalau tidak salah pada waktu itu banyak juga yang membeli secara toplesan. Kalau ada yang masih ingat boleh dong infonya pada jaman tersebut harga coklat payung berapa ya ?

Coklat Superman
Yang ini merajai coklat wafer di akhir tahun 80-an, harga yang terjangkau dan lumayan enak membuatnya Coklat Superman ini banyak disukai hampir semua kalangan. Saya masih ingat dulu ibu saya juga suka kok dengan coklat wafer ini. Dulu sih anak-anak sekolan sih memakannya sampai harus menjilat bungkusnya, karena memang coklat wafer ini terkenal dengan coklatnya yang sering menempel pada bungkus. Banyak yang mengatakan bahwa coklat ini sudah punah, ANDA SALAH BESAR. Karena coklat ini sudah bertransofmasi mengikuti perkembangan jaman namun masih menggunakan nama coklat yang sama yakni Superman. Memang bila mencari di kios-kios biasa tidak akan menemukan coklat ini, coba anda mencari di Swalayan-Swalayan besar pasti deh ketemu, dan di jual satu bungkus berisi enam batang.

Choki-Choki
Bukan hanya coklat batangan dan wafer saja yang populer dulu, namun coklat pasta atau cair juga memegang peranan cukup penting juga. Choki-choki menjadi jajanan wajib sebagai teman perjalanan pulang sekolah sewaktu kecil dulu. Karena untuk menghabiskannya cukup memankan waktu sedikit lebih lama dibanding memakan coklat jenis lainnya, maklum dulu sekolah kan kebanyakan jalan kaki kan. Choki-Choki berbentuk panjang seperti pensil, untuk memakannya hanya perlu mengigit permukaan atas sedikit guna mengelurkan pasta coklatnya. Dan sampai sekarang ini masih diproduksi secara masal kok jadi masih bisa dinikmati kan.


Permen Magic Pop & Pop Rocks
Wah kalau permen yang satu ini sensasinya luar biasa dimulut karena kelebihannya adalah bereaksi seperti meledak-meledak didalam mulut si pemakannya. Permen ini juga amat terkenal di tahun 80-an, berbentuk hampir bubuk namun lebih seperti pasir dan bermacam-macam rasa yang ditawarkan antara lain adalah rasa buah. Namun permen ini sekarang tinggal kenangan karena hampir pasti sudah tidak ada dipasaran. Kalau memang ada bisa diberikan dimana info untuk membelinya. (Roy)



18 Oktober 2011 - 17:10:49 WIB
Foto : Roy
Dibaca : 2835

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Toko Kue Ny Ali Toko Kue Ny Ali
Selasa, 06 Desember 2011
RM Pankep 33 RM Pankep 33
Rabu, 30 November 2011

SHARE