Register Login

DotA

Untuk kalangan anak remaja jaman sekarang terutama penggemar game komputer, siapa sih yang gak kenal DotA? Defense of the Ancient atau lebih dikenal dengan singkatan DotA aslinya hanyalah sebuah mini game dari salah satu game terkenal yaitu "Warcraft III: Frozen Throne", Warcraft III sendiri aslinya merupakan game strategi dimana player dapat membuat bangunan dan mengumpulkan pasukan untuk nantinya digunakan dalam peperangan.

Di Warcraft III ini ada fitur dimana para player diperbolehkan untuk membuat custom scenario (skenario buatan) untukdimainkan di game tersebut dan DotA merupakan salah satunya. Tetapi siapa yang mengira? Ternyata sekarang ini, DotA menjadi lebih terkenal dari game induknya sendiri. Game ini merupakan game multiplayer yang dapat dimainkan sampai sepuluh orang sekaligus dan diadu dalam tim lima lawan lima. Tujuan utama permainan DotA ini adalah menghancurkan bangunan utama milik musuh.

Player dapat memilih untuk bergabung dengan salah satu sisi yaitu sisi sang pelindung yang lebih sering disebut "The Sentinel", atau dapat juga bergabung dengan sisi sang penghancur yang lebih sering disebut "The Scrourge". Setelah bergabung dengan salah satu sisi, player dapat memilih satu dari banyaknya karakter yang disediakan di game DotA ini yang lebih akrab disebut dengan Hero. Setiap Hero mempunyai kemampuan yang unik dan mempunyai peranan masing-masing, ada Hero yang tugasnya untuk menyembuhkan teman timnya, ada Hero yang tugasnya untuk memperkuat pertahanannya sehingga dapat menjadi tameng untuk melindungi teman timnya, ada Hero yang mempunyai jurus yang kuat untuk membunuh lawan meski mempunyai pertahanan yang lemah, dan lain-lain.

Setelah memilih salah satu dari Hero tersebut, player bertugas untuk memperkuat Heronya dengan cara membunuh pasukan lawan dan membeli peralatan atau disebut item untuk memperkuat dirinya. Dan setelah cukup kuat, Heronya dapat menghancurkan bangunan utama lawan dan memenangkan pertandingan. Yang membuat permainan ini semakin menarik, di sini player bukan saja hanya mengadu kemampuan bermain, tetapi juga dituntut untuk saling adu strategi dan bekerja sama dengan teman satu timnya. Ketiga faktor tersebut merupakan kunci kemenangan di dalam DotA.

Strategi bermain sangat penting di game ini, karena bukan hanya harus memikirkan Hero apa yang player harus pilih, player juga harus memilih item yang tepat untuk Hero itu, memilih jurus Hero apa yang harus diambil lebih dulu, dan lain-lain. Setiap Hero mempunyai Hero yang menjadi kelemahan Hero yang lain, karena itu player harus dapat memilih Hero yang sesuai untuk melawan Hero yang dipilih lawan. Kerja sama dengan tim di sini juga sangat penting karena meskipun keterampilan bermainnya sangat hebat, player bisa tetap kalah bila tidak mampu bekerja sama dengan teman satu timnya.

Game yang telah ada semenjak delapan tahun lebih yang lalu ini masih populer hingga sekarang, bahkan DotA telah dibuat versi terbarunya yaitu DotA 2 yang masih dalam tahap pengembangan. Sistem bermain, Hero, dan item dari DotA 2 mirip dengan pendahulunya, tetapi DotA 2 menghadirkan grafik yang jauh melebihi DotA yang pertama. Rencananya DotA 2 ini akan dirilis tahun depan, tetapi player dapat bermain versi betanya terlebih dahulu. (Audi)



10 November 2011 - 15:30:07 WIB

Dibaca : 1883

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Tekken Tekken
Kamis, 17 November 2011
Battle Of The Toys 2014 Battle Of The Toys 2014
Rabu, 10 September 2014

SHARE