Register Login

Festival Film Indonesia (FFI) 2011

Festival film tertua di Indonesia sekaligus satu-satunya festival film yang masih bertahan hingga kini di Indonesia. Sejak kali pertama ditayangkan di Indonesia pada 1955, berlanjut 1960 dan 1967 dan berikutnya secara berurut tiap tahunnya, merupakan ajang tertinggi bagi perfilman dan industri pertelevisian nasional dengan pencetus H. Djamaluddin Malik. Mengambil tempat di Kalimantan Timur, rencananya FFI 2011 akan digelarpada November akhir 2011 ini.

Tahun ini mereka akan membawa perubahan besar dan perubahan tersebut membutuhkan waktu. Pada 27 November 2011 akan diumumkan Malam Nominasi Piala Citra dan Piala Vidia FFI 2011, sedangkan pada 6 Desember 2011 di Jakarta akan diumumkan Anugerah Piala Vidia. Dan untuk Anugerah Piala Citra dilaksanakan pada 10 Desember 2011. Penganugerahan ini dipisah karena agar tidak mengurangi penghormatan kepada tiap pemenang. Oleh karena itu, Malam Anugerah Piala Vidia dn Piala Citra diadakan secara terpisah. Hingga kini, sebanyak 73 film sudah tercatat dalam nominasi FFI 2011 tapi terdapat 19 film yang didiskualifikasi.

Untuk Piala Citra Utama diberikan kepada film utama terbaik. Sedangkan Piala Citra diberikan untuk kategori; Sutradara Terbaik, Penulis Cerita Asli Terbaik, Penulis Skenario Terbaik, Pengarah Sinematografi Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, Penata Suara Terbaik, Penata Musik Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik, dan Pemeran Pendukung Wanita Terbaik. Masih terdapat dua kategori lagi yaitu film pendek terbaik dan film dokumenter terbaik. Sedangkan Piala Vidia itu memang dikhususkan bagi industri pertelevisian Indonesia. Kategori Piala Vidia Utama diberikan kepada film televisi terbaik.

Kategori selanjutnya adalah Sutradara Terbaik, Penulis Cerita Asli Terbaik, Penulis Skenario Terbaik, Pengarah Videografi Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, Penata Suara Terbaik, Penata Musik Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik, dan Pemeran Pendukung Wanita Terbaik. Bulan ini, FFI sedang mengadakan roadshow yang bernama Roadshow Safari FFI 2011 di lima kota Indonesia, yaitu Surabaya, Yogyakarta, Solo, Malang, dan Bandung, sejak 15 November hingga 23 November 2011.

Di setiap safarinya, FFI selalu menanyangkan beberapa film serta diskusi film dengan sutradara dari film tersebut. Pada akhirnya, roadshow berakhir di Bandung pada 23 November 2011. Beberapa tahun belakangan ini, FFI sempat terhenti karena kisruh internal dan dalam penganugerahan filmnya namun kita sebagai pecinta film Indonesia harus mendoakan yang terbaik bagi perfilman Indonesia, khususnya FFI 2011 ini. Tunggu saja siapa yang akan menjadi film terbaik versi FFI 2011 nanti. (Agnes)



16 November 2011 - 16:23:01 WIB

Dibaca : 1929

SHARE