Register Login

Nasi Tahan Lama

Bila kita sudah terbiasa memasak nasi, mungkin nasi yang kita makan memiliki ciri khas sendiri. Semua terdapat dalam bagaimana memasak dan bagaimana pula menyajikannya. Nah, bagi anda yang ingin mencoba nasi tahan lama dantidak basi, datang saja ke Cirebon. Di Cirebon ini, anda akan banyak menemukan Nasi Jamblang. Nasi khas dari Cirebon yang dibuat dengan cara dan teknik yang unik serta tradisional hingga mampu bertahan sampai kapan pun, antara 3 hingga 5 hari. Bahkan bisa satu minggu.

Kali ini, saya penasaran dengan Nasi Jamblang yang ada di Cirebon. Tersebutlah Atmaja, bapak separuh baya yang membuka beberapa cabang di wilayah pantura Cirebon dan sekitarnya beserta rekan-rekannya. Warung tersebut bernama Mang Goblag. Menurutnya, khas Nasi Jamblang ini ada pada bungkusnya. Nasi Jamblang biasa ditempatkan dalam daun jati yang langsung didatangkan dari daerah Rajagaluh, Majalengka ini adalah ciri khas utamanya. Jika anda mendapati Nasi Jamblang, maka nasi tersebut akan dibungkus dalam daun jati.

Sebelum nasi dibungkus, supaya tak basi, nasi yang sudah tanak dikipas terlebih dahulu hingga dingin. Kipasnya pun menggunakan kipas tangan supaya asap panas yang ada hilang dan nasi menjadi dingin. Biasanya pendinginan itu memakan waktu berjam-jam. Sangat tradisional bukan? Sesudah itu, barulah nasi dibungkus dengan daun jati. Dan siap dijual. Penasaran apa benar tidak basi, saya pun mencobanya dengan lauk yang juga serba daging. Mulai ikan tongkol pedas, hati sapi, ampela yang dicampur telor hingga daging sapi. Sambal nya pun khas Cirebon yang pedasnya membuat lidah anda bergoyang. Pokoknya dijamin nikmat. Apalagi untuk makan malam. Bahkan untuk memasarkannya, Atmaja menyatakan kalau pihaknya juga menerima pesanan antar. (Firman)



02 Desember 2011 - 11:23:34 WIB

Dibaca : 2016

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Lulo Kitchen And Bar Lulo Kitchen And Bar
Selasa, 10 September 2013
Tapas Movida Tapas Movida
Senin, 16 Januari 2012
Penggemar Sate Kiloan (PSK) Penggemar Sate Kiloan (PSK)
Kamis, 12 Januari 2012

SHARE