Register Login

Bakiakan

Di masa lampau, terdapat sandal yang disebut bakiak. Sandal tersebut biasa dipergunakan oleh kaum hawa saat bepergian. Saking tenarnya, setelahkemerdekaan biasanya diadakan lomba bakiakan. Tujuannya dalam rangka memperingati HUT RI, di sisi banyak aneka perlombaan yang diadakan. Lomba bakiakan ini ternyata banyak diminati oleh kaum pria juga. Menariknya, sandal dirancang memanjang dengan memiliki dua hingga lima slop supaya dapat dipergunakan hingga lima orang.

Semakin banyak orang yang menggunakan satu bakiakan, bertambah ramailah perlombaan. Karena satu peserta dengan peserta lainnya dalam satu kelompok harus kompak saat melangkah. Bila tidak, secara otomatis akan terjatuh. Keseimbangan juga menjadi salah satu poin lain yang menuntut keberhasilan dalam memenangkan lomba. Bakiak yang dikenal oleh masyarakat Jawa Tengah ini adalah sejenis sandal menggunakan telapak terbuat dari kayu. Sandal tergolong ringan dengan pengikat kaki (slop) berbahan ban bekas yang kedua sisinya di paku. Sementara untuk Jawa Timur dikenal dengan sebutan Bangkiak.

Sandal ini sangat populer mengingat harganya yang murah, terutama saat masa ekonomi susah. Kayu dan ban bekas inilah yang membuat bakiak tahan air, dalam suhu panas maupun dingin. Secara umum, tidak ada perbedaan antara Bakiak untuk kaki kanan dan kaki kiri. Karena pembuatan sandal bakiak biasanya lurus dan tidak melengkung mengikuti bentuk telapak kaki. (Firman)



06 Januari 2012 - 15:02:07 WIB
Foto : Istimewa
Dibaca : 2034

SHARE