Register Login
  1. Pusat Batik Di Blok M Square

    Pusat Batik Di Blok M Square Pusat Batik Di Blok M Square
  2. Pusat Batik Di Blok M Square

    Pusat Batik Di Blok M Square Pusat Batik Di Blok M Square
  3. Pusat Batik Di Blok M Square

    Pusat Batik Di Blok M Square Pusat Batik Di Blok M Square
  4. Pusat Batik Di Blok M Square

    Pusat Batik Di Blok M Square Pusat Batik Di Blok M Square

Pusat Batik Di Blok M Square

Batik merupakan warisan budaya leluhur kita. Dengan memakai Batik, berarti Anda sudah melestarikan kekayaan Indonesia. Tadinya, Batik hanya digunakan untuk menghadiri acara-acara penting seperti rapat atau undangan pernikahan. Seiring berjalannya waktu, penggunaan Batik mengalami perkembangan yang signifikan dan menjadi kiblat fashion di industri mode tanah air.

Di masyarakat sendiri, penggunaan Batik sudah menjamur di mana-mana. Misalnya di kampus, sudah banyak mahasiswayang pergi kuliah dengan memakai Batik. Dan kini tiap Jum'at, Batik dijadikan seragam wajib para bagi pekerja kantor di berbagai daerah. Batik juga telah diresmikan oleh UNESCO sebagai warisan asli bangsa Indonesia. Di Jakarta, sudah banyak tempat yang menjual Batik. Salah satunya di Lantai Ground Blok M Square Jakarta Selatan. Di lantai ini memang dikhususkan untuk penjualan berbagai jenis Batik. Dari terminal Blok M, Anda cukup berjalan kaki kurang lebih 5 menit untuk sampai ke sini.

Setelah itu, Anda cukup turun satu lantai dari lantai dasar dengan menggunakan eskalator dan mengikuti petunjuk jalan atau turun langsung dengan menggunakan tangga biasa jika masuk dari depan gedung. Puluhan pedagang Batik berkumpul disini. Pedagang tersebut tidak hanya membuka usaha di dalam toko, tetapi ada juga yang menjual dagangannya secara massal dengan menggantung puluhan Batik tersebut tanpa dibatasi sekat di pinggir pintu masuk. Mereka membuka usahanya setiap hari dari pukul 09.30 – 20.30 WIB. Batik-batiknya pun dijejer secara rapi sehingga pengunjung leluasa memilih. Karena lokasi berjualan di dalam gedung, suasananya pun terlihat bersih dan nyaman. Penjualnya pun sangat ramah. Biasanya satu toko terdapat dua orang penjual.

Pengunjungnya rata-rata berasal dari kelas menengah. Jika diperhatikan, suasana pengunjung tidak terlalu ramai dan cenderung sepi. Batik disini dijual dengan harga bervariasi. Untuk Batik pria dijual seharga Rp. 45.000 saja. Sedangkan Batik wanita dijual mulai Rp. 35.000 untuk model kemeja pendek dan model dress dengan panjang sepinggul dibuka dari harga Rp. 75.000, tentunya harga tersebut masih bisa ditawar lagi. Untuk Batik yang dibandrol biasanya sudah dijual dengan harga pas. Selain itu, ada juga Batik yang dijual lebih mahal dan harganya mencapai Rp. 100.000 ke atas.

Biasanya modelnya tidak pasaran dan dibuat dari bahan yang berbeda kualitasnya yaitu katun yang lebih halus. Yang laris, adalah Batik model pasangan untuk pria dan wanita yang warna dan modelnya serasi satu sama lain. Biasanya batik pasangan tersebut di pajang di etalase toko. Bisa digunakan untuk pasangan suami-istri atau pasangan kekasih. Rata-rata ukuran Batik disini adalah All Size (semua ukuran). (Arie)



20 Februari 2012 - 19:20:03 WIB
Foto : Arie / GeDoor.com
Dibaca : 7332
  • Blok M Square Lantai Ground. Jl. Melawai Kebayoran Baru Jakarta Selatan.
  • Maps

SHARE