Register Login
  1. Toge Goreng Khas Bogor HJ. Omah

    Toge Goreng Khas Bogor HJ. Omah Toge Goreng Khas Bogor HJ. Omah
  2. Toge Goreng Khas Bogor HJ. Omah

    Toge Goreng Khas Bogor HJ. Omah Toge Goreng Khas Bogor HJ. Omah

Toge Goreng Khas Bogor HJ. Omah

Makanan ini merupakan salah satu kuliner khas nusantara yang cukup legendaris di Jawa Barat. Toge Goreng namanya, sedikit unik dilihat dari sisi namanya. Meskipun ada penjelasan digoreng padahal kuliner ini bahan dasarnya tidak ada yang melewati proses penggorengan sebelum disajikan. Makanan yang satu ini banyak kita jumpai di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bogor.

Sama seperti Laksa maupun Soto Mie, hidanganyang satu ini pun patut dicoba jika anda berkunjung ke Bogor. Di kota hujan ini Toge Goreng lebih dikenal pada awalnya dengan nama asli Geco atau tauge dan tauco.
  Proses pembuatannya juga cukup sederhana dengan perangkat gerobak yang digunakan untuk meracik berbagai macam bahan untuk dijadikan Toge Goreng.

Toge Goreng berisikan toge, potongan ketupat, tahu kuning rebus dan mie kuning. Cara meraciknya toge dan mie direbus dengan sedikit air di atas wajan datar dan menggunakan sendok kayu untuk meracik sampai agak empuk mie dan togenya, lalu disajikan dengan lontong dan disiram dengan saus tauco yang rasanya khas. Kunci dari makanan ini terletak di saus tauco yang disiramkan. Perbedaan cita rasa Toge Goreng juga bisa dibedakan dari saus tauco yang digunakan.

Bisa dikatakan tiap tempat yang menjajakan makanan ini berbeda rasanya dari tempat lainnya karena saus tauco yang disesuaikan menurut selera masing-masing tempat.
  Salah satu tempat yang cukup terkenal di kota Bogor yang sampai saat ini menyajikan Toge Goreng adalah HJ. Omah. Toge goreng Ibu Hj.Omah ini berlokasi di area Bogor Permai tepatnya di Jalan Jendral Sudirman No.23 A. Tempat ini telah menjajakan Toge Goreng sejak tahun 70-an, artinya sudah hampir 40 tahun HJ. Omah membuka kios Toge Goreng meskipun telah berpindah tempat dari lokasi awal.

Pada dasarnya Toge Goreng racikan HJ. Omah hampir serupa dengan di tempat lainnya yang menyajikan makanan sejenis. Yang berbeda adalah saus tauco yang menjadi kunci kenikmatan Toge Goreng dari tempat ini. Kebanyakan saus tauco disajikan sedikit berwarna gelap kecoklatan karena berasal dari kacang kedelai yang telah difermentasi. Saus tauco khas Hj. Omah sedikit berwarna merah dan agak masam karena diberi campuran cabai merah dengan tomat yang membuat Toge Goreng HJ. Omah spesial.

Bila anda ingin menambahkan krupuk mie juga bisa karena disediakan juga di tempat ini. Sebagai teman untuk menyantap Toge Goreng ini yang paling tepat adalah Es Cendol yang tepat berada di depan tempat ini. Untuk urusan harga, yang namanya jajanan tradisional pastilah cukup murah meriah. Untuk seporsi Toge Goreng 12 ribu rupiah sementara Es Cendol hanya dibandrol 5 ribu rupiah saja. Jadi cukup murah meriah sebagai menu makan siang ketika menyambangi Kota Hujan, Bogor. (Roy/gedoor)
 



23 Mei 2014 - 12:08:42 WIB
Foto : Roy/gedoor
Dibaca : 1934
  • Jalan Jendral Sudirman No.23 A, Bogor
  • Setiap Hari 08:00-21:00 Wib
  • Maps

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Bakul Solo Bakul Solo
Kamis, 05 Januari 2012

SHARE