Register Login

Mainan Jadul Yang Tetap Eksis Ditengah Gempuran Mainan Modern

Ditengah gempuran mainan modern saat ini, banyak yang melupakan mainan masa lalu yang pernah trend pada masanya. Saat ini, kebanyakan anak kecil lebih menyukai permainan modern seperti robot-robotan, gameonline, gadget atau sebagainya. Dengan kemajuan teknologi tersebut menjadi tolak ukur untuk sebuah hiburan tersendiri bagi anak-anak. Banyak dari anak jaman sekarang yang tidak mengetahui mainan mobil-mobilan yang terbuat dari kayu.

Menjadi modern tentunya bukan berarti harus meninggalkan kekhasan serta sejarah yang terkandung didalamnya. 
Hal ini bisa dilihat di salah satu sudut di Kota Tangerang, yakni di kawasan Pasar Lama dan Pasar AnyarDengan menempati sebuah kios kecil yang berada di Jalan Merdeka, Tangerang, terdapat kios yang menjajakan sebuah mainan yang terbuat dari kayu yang sudah ada sejak tahun 80-an.

Kios yang di jaga oleh bapak Fahmi ini sempat beberapa kali pindah tempat akibat digusur. Banyak jenis mainan mobil-mobilan kayu yang dijual di sini. Ukurannya juga bervariasi yang dijual, dari ukuran yang kecil hingga ukuran yang besar seperti truk. Puluhan replika mobil-mobilan seperti berbagai bus, truk, bus, bajaj, kuda-kuda ayun, mobil hardtop, tracktor dan lainnya tertata rapih di kios kecil ini.

Mainan replika mobil-mobilan terbuat dari kayu ini ditawarkan di tempat ini mulai dari berukuran kecil, sedang hingga besar. Mainan yang dijual di sini memiliki kisaran harga antara  50 ribu hingga 150 ribu rupiah. Sementara untuk mainan selain mobil-mobilan kayu yakni  ayunan kuda-kudaan dibandrol dengan harga 100 ribu rupiah. Bagi sebagian orang mainan-mainan ini dilihat sebagai mesin waktu yang membawa mereka kembali ke masa kanak-kanak yang indah, hal inilah yang membuat tempat ini tetap bertahan hingga sekarang. (Angga W/geDoor)



09 Oktober 2015 - 11:48:11 WIB
Foto : Angga W.
Dibaca : 2772

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Gobak Sodor Gobak Sodor
Jumat, 06 Januari 2012

SHARE