Register Login
  1. Gobak Sodor

    Gobak Sodor Gobak Sodor
  2. Gobak Sodor

    Gobak Sodor Gobak Sodor

Gobak Sodor

Permainan yang satu ini membutuhkan tenaga yang ekstra dan kejelian dari pemainnya. Sebab, sangat menuntut keberhasilan dalam melewati garis-garis secara bolak-balik.Mengingat garis-garis tersebut dijaga oleh lawan yang juga memiliki jumlah pemain sama. Gobak sodor dengan nama lain galah asin atau galasin merupakan sejenis permainan daerah dari Indonesia. Pemainnya terbentuk dalam grup atau berkelompok.

Terdiri dari dua grup, di mana masing-masing tim terdiri dari 3 hingga 5 orang. Bisa juga lebih. Inti permainan adalah menghadang lawan agar tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik. Untuk meraih kemenangan, seluruh anggota grup harus secara lengkap melakukan proses tersebut dalam area lapangan yang telah ditentukan. Biasa dimainkan pada lapangan bulu tangkis bisa juga menggunakan lapangan segiempat, dengan ukuran 9 x 4 meter2 yang dibagi menjadi 6 bagian.

Garis batas diberi tanda dengan kapur. Anggota grup yang mendapat giliran menjaga lapangan terbagi dua, yaitu anggota grup menjaga garis batas horisontal dan garis batas vertikal. Keduanya sama-sama bertugas menghalau lawan di garis supaya gagal melintas. Yakni, dengan dipegang atau menghindari sentuhan penjaga namun lawan tersebut melewati batas segiempat yang ditentukan. Permainan ini sungguh menyenangkan, sekaligus sangat sulit. Karena jumlah penjaga dan mereka yang melalui garis sama. Dengan kata lain, satu penjaga menghadang satu pemain yang melintas. (Firman)



06 Januari 2012 - 15:25:36 WIB
Foto : Istimewa
Dibaca : 2573

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA


SHARE