Register Login

Pameran Kriya Nusa DEKRANAS 2016


DEKRANAS menjadi wadah berhimpunnya para penggiat industri kerajinan nasional dan dapat dikatakan sebagai salah satu pionir. Sejak berdirinya tanggal 3 Maret 1980, DEKRANAS menjadi elemen penggerak di industri kerajinan dan telah menjalankan perannya sebagai mitra Pemerintah dalam membina dan mengembangkan tradisi dan warisan budaya dalam membuat kerajinan yang semakin bermutu dan berdaya saing di seluruh wilayah Nusantara.

Pada penyelenggaraan DEKRANAS ke-36 ini mengambil Tema: “Perajin DEKRANAS Kreatif Di Dunia Digital”. Tema ini sejalan dengan berlakunya Pasar Bebas Asean yang dikenal dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dimana produk kerajinan Indonesia akan bersaing dengan produk sejenis di Negara ASEAN seperti Thailand dan Vietnam.

Peningkatan kemampuan perajin dalam penguasaan teknologi digital menjadi tidak terelakkan. Pada tahun ini juga DEKRANAS untuk pertama kalinya menggaungkan icon pameran Dekranas dengan nama KRIYA NUSA. Pada tahun 2016 ini, Dekranas juga berkomitmen untuk mengangkat tenun Indonesia dalam berbagai programnya.

Para perajin tenun yang kerajinannya sudah termasuk langka atau kurang diminati karena berbagai hal seperti regenerasi yang mandek, kurang promosi maupun kurang pelatihan di berbagai wilayah di Nusantara yang sangat membutuhkan pendampingan maupun sentuhan promosi dari DEKRANAS akan diberi perhatian lebih dan dibina. Dekranas secara konsisten berusaha membina hubungan yang baik dengan masyakat dan perajin sebagai mitra Dekranas dalam mempromosikan KRIYA Nusantara. 



20 Mei 2016 - 00:29:41 WIB
Foto : Roy/gedoor
Dibaca : 751

SHARE