Register Login

Museum Sumpah Pemuda

Kreatif, visioner, idealis merupakan sifat, ciri dan gaya dari generasi muda pada era tahun 1920 an, dengan tekad yang kuat guna keluar dari belenggu penjajahan mereka berkelompok dan berorganisasi, namun sayangnya mereka muncul melalui kelompok atau organisasi yang masihbersifat kedaerahan dengan sebutan Jong.

Dan pada akhirnya organisasi yang terpecah-pecah tersebut dapat di ikat serta disatukan dalam peristiwa Sumpah Pemuda, yang berisi komitmen pemuda dari berbagai macam daerah untuk bersumpah mengakui tumpah darah satu, berbangsa satu, dan menjunjung bahasa persatuan yakni bahasa Indonesia. Bagi kita yang lahir setelah era tersebut kita dapat mengetahui peristiwa bersejarah itu secara lengkap di Museum Sumpah Pemuda.

Museum Sumpah Pemuda merupakan salah satu sarana untuk kita mencari informasi tentang proses terjadinya sumpah pemuda dan sejarah pergerakan, serta organisasi kepemudaan melalui koleksi-koleksi yang ada di dalamnya. Di dalam museum terdapat beberapa ruangan penyimpanan koleksi antara lain koleksi foto-foto peserta dan panitia Kongres Pemuda Indonesia II, anggota organisasi kepemudaan sebelum sumpah pemuda beserta perlengkapan pribadinya berupa aksesoris juga dipajang bersamaan seperti dasi, kotak PPPK, celana pandu, pisau belati, buku catatan.

Ada juga koleksi lainnya seperti patung yang terlihat mengisi ruangan-ruangan museum seperti patung Moh. Yamin dan Soegondo Djojopoespito. Diruangan lainnya juga dapat ditemui patung-patung yang menggambarkan suasana pada saat W.R Supratman sedang memainkan biolanya untuk mengiringi menyayikan lagu Indonesia Raya yang saat itu masih diperkenalkan dalam Kongres Pemuda II, dan juga disamping kanan patung terdapat koleksi yang cukup langka yakni biola yang di gunakan oleh W.R Supratman, dan piringan hitam keluaran 1930 yang berisi lagu Indonesia Raya buatan N.V. Kuchenmeister's Internationale Ulraphoon Maatschappij, Amsterdam, Belanda. Di bagian tengah museum yang sekaligus berfungsi sebagai taman dapat dilihat dengan jelas monumen persatuan pemuda dan tembok prasasti sejarah perjuangan pemuda Indonesia. (Roy)



12 Agustus 2011 - 13:37:03 WIB

Dibaca : 1945

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Museum Nasional (Megalitik) Museum Nasional (Megalitik)
Jumat, 19 Agustus 2011
Museum Joang 45 Museum Joang 45
Selasa, 09 Agustus 2011
Membuat Keramik di Museum Layang-Layang Membuat Keramik di Museum Layang-Layang
Selasa, 09 Agustus 2011
Museum Layang-Layang Indonesia Museum Layang-Layang Indonesia
Selasa, 05 Juli 2011

SHARE