Register Login

Parkour

Parkour adalah sebuah kegiatan olahraga yang medianya bisa dimana saja, yang mempunyai tempat-tempat untuk dijadikan fasilitas olahraga ini. Kalau sering nonton film Jacky Chan pasti sering melihat adegan-adegan yang ekstrim seperti meloncat dari gedung satu gedung lainnya, nah Parkour mirip seperti adegan seperti itu. Parkour bertujuan untuk melatih efisiensi gerakan untuk membentuk badan dan pikiran seseorang untukdapat menghadapi rintangan-rintangan dalam kondisi bahaya.

Parkour mempunyai arti bergerak atau berpindah tempat dari point A ke point B seefisien dan secepat mungkin yang menggunakan prinsip dari Parkour dengan mengedepankan keindahan bergerak sekaligus diimbangi oleh kemampuan dari tubuh manusia itu sendiri. Parkour sendiri sudah ada sejak dulu sebelum manusia mengenal kata Parkour itu sendiri. Tapi Parkour dideskripsikan dan dikenalkan ke seluruh dunia oleh seorang pria berkebangsaan Perancis yang dikenal dengan nama David Belle. Dialah yang telah memperkenalkan olahraga ini ke seluruh dunia yang awalnya hanya berkembang di Perancis. Sehingga akhirnya berkembang ke seluruh daratan Eropa dan akhirnya menyebar ke seluruh dunia.

Dan mulai berkembang di Indonesia sejak tahun 2000 an yang lalu. Tujuan dan inti dari Parkour itu sendiri adalah mampu menghadapi semua rintangan atau obstacles di sepanjang track yang kita lalui, baik itu di lingkungan alam maupun di lingkungan perkotaan, dengan menggunakan beberapa gerakan yang istimewa dan indah dengan cara mengkombinasikan beberapa gerakan yang mengalir dan control yang penuh. Banyak makna-makna yang berkaitan dengan olahraga yang satu ini, sehinnga secara langsung dapat membawa kehidupan kita ke tingkat yang lebih positif.

Makna yang terkandung dari Parkour antara lain yang bisa dijabarkan, Seni untuk melewati semua masalah dalam track kehidupan, Saat kita menjalankan track kehidupan terdapat banyak rintangan dan masalah hidup yang terlihat seperti menghambat dalam hidup. Melawan Rasa takut, seseorang yang takut mencoba tidak akan berbuat apa-apa dan tidak akan menjadi siapa-siapa. Bangkit dari kegagalan, saat kita mencoba suatu gerakan di Parkour, kita akan selalu mengalami kegagalan atau jatuh begitu juga dengan seni kehidupan manusia.

Flexibilitas dan fluiditas, berlatih Parkour akan membuat diri kita flexible dan semangat kita akan terus mengalir. Kreatifitas dan kebebasan, dalam Parkour kita bisa berkreasi untuk menciptakan gerakan atau menggabungkan beberapa gerakan dasar menjadi gerakan baru tergantung kreatifitas kita. Tempat yang biasanya di pakai oleh komunitas Parkour di Ibukota antara lain adalah kawasan Gelora Bung Karno, ataupun Basement gedung-gedung bertingkat, ataupun tempat-tempat yang bisa dijadikan halng rintang dalam olahraga ini (Sumber: Parkour Indonesia, Wikipedia). (Roy)



29 September 2011 - 12:34:23 WIB

Dibaca : 1240

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Costum Player (Cosplay) Costum Player (Cosplay)
Senin, 14 November 2011
Lukisan-Lukisan Basoeki Abdullah Lukisan-Lukisan Basoeki Abdullah
Selasa, 09 Agustus 2011

SHARE