Register Login
  1. “Mang Doel” Setia Jajakan Jajanan Khas Betawi

    “Mang Doel” Setia Jajakan Jajanan Khas Betawi “Mang Doel” Setia Jajakan Jajanan Khas Betawi
  2. “Mang Doel” Setia Jajakan Jajanan Khas Betawi

    “Mang Doel” Setia Jajakan Jajanan Khas Betawi “Mang Doel” Setia Jajakan Jajanan Khas Betawi
  3. “Mang Doel” Setia Jajakan Jajanan Khas Betawi

    “Mang Doel” Setia Jajakan Jajanan Khas Betawi “Mang Doel” Setia Jajakan Jajanan Khas Betawi

“Mang Doel” Setia Jajakan Jajanan Khas Betawi

Jajanan tradisional memang cukup langka di jaman sekarang ini. Kue macam gemblong, atau tape uli sudah mulai cukup langka dan mulai sulit ditemui. Indonesia memiliki banyak kuliner yang enak dan, lezat salah satunya adalah aneka kue tradisional yang adadi berbagai daerah di Nuasantara. Aneka kue tradisional Indonesia tersebut juga bervariasi mulai dari kue basah tradisional, kue kering tradisional sampai makanan berat.

Namun di tengah jaman yang mulai mengikis budaya-budaya tradisional khususnya kuliner jajanan tadisional masih saja ada pedagang-pedagang yang setia menjajakan penganan pengganjal perut ini. Mang Doel, begitu ia kerap dipanggil. Keseharian pria 30 tahuan ini menjajakan secara rutin penganan kue-kue macam risole, gemblong, pastel, dadar gulung, tape uli dan ada juga asinan betawi yang turut mengisi bakul panggulnya. Setiap harinya ia berkeliling di sekitar jakrta selatan dari Darmawangsa-Blok M-hingga Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Yang jadi perhatian dalam isi bakul pikulnya tentu saja Tape uli dan asinan sayur yang menurutnya bukan asianan Bogor melainkan asinan sayur Betawi.

Tape uli atau yang biasa dikenal dengan tape ketan dan uli, merupakan salah satu makanan tradisional Betawi. Tape uli dibuat dari hasil peragian atau fermentasi dari ketan hitam. Jenis tape sendiri ada banyak, ada yang terbuat dari singkong, disebut dengan tape singkong atau orang Bandung menyebutnya dengan Peyem. Ada pula tape yang terbuat dari ketan yang disebut dengan tape ketan. Nah yang di jual Mang Doel ini jenis tape ketan.

Untuk menambah rasa nikmat, tape disajikan dengan uli yang terbuat dari beras ketan dicampur santan kelapa yang dibalut oleh daun pisang. Sedangkan asinan sayur Betawi merupakan makanan dengan macam-macam jenis sayuran yang diasinkan dan diawetkan sepert sawi, kubis, taoge, tahu, kol disajian dalam bumbu kacang yang dicampur cuka dan cabai, ditaburi kacang goreng dan krupuk yang biasanya krupuk mie. Untuk kedua makanan ini Mang Doel hanya membandorol Rp 5.000 saja. (Roy/Gedoor.com)



25 Maret 2013 - 15:50:23 WIB
Foto : Roy / Gedoor.com
Dibaca : 3848

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Ayam Bakar Taliwang Bersaudara Ayam Bakar Taliwang Bersaudara
Kamis, 01 Desember 2011
Nuansa Eropa Ala De Burse Cafe Nuansa Eropa Ala De Burse Cafe
Senin, 07 April 2014
Sinou Coffee And Resto Sinou Coffee And Resto
Minggu, 23 Desember 2012

SHARE