Register Login
  1. Beragam Jenis Anggrek Ada Di Taman Anggrek Ragunan

    Beragam Jenis Anggrek Ada Di Taman Anggrek Ragunan Beragam Jenis Anggrek Ada Di Taman Anggrek Ragunan
  2. Jenis Anggrek Bulan

    Jenis Anggrek Bulan Jenis Anggrek Bulan
  3. Anggrek Jenis Litofit

    Anggrek Jenis Litofit Anggrek Jenis Litofit

Beragam Jenis Anggrek Di Taman Anggrek Ragunan

Tanaman anggrek merupakan salah satu tanaman hias yang cukup banyak disukai oleh para kolektor tanaman. Di Jakarta sendiri, sangat banyak penjual tanaman yang tersebar hampir diseluruh Jakarta. Namun, hanya ada beberapa tempat saja yang dimana para pedagang tanaman hiashanya memfokuskan menjual tanaman anggrek saja. Mungkin taman anggrek yang berada di Taman Mini Indonesia Indah sudah banyak tahu, tetapi ada satu tempat lagi yang orang belum banyak tahu.

Ragunan, orang pasti berpikir tentang kebun binatang jika mendengar kata Ragunan. Akan tetapi, tidak jauh dari pintu masuk utama Kebun Binatang Ragunan, sekitar 200 meter dari pintu utama ada sentra penjualan tanaman hias. Dari pintu utama KB Ragunan, kita belok ke kiri tepatnya Jalan Harsono RM. Taman Anggrek Ragunan (TAR) yang berdiri pada tahun 1973 merupakan salah satu wisata argo, selain sebagai salah satu tempat wisata yang bertemakan alam yang ada di daerah Jakarta, TAR berfungsi juga sebagai pusat promosi sekaligus pemasaran tanaman anggrek baik dalam bentuk tanaman maupun bungan potong, dan juga sebagai sarana untuk mempelajari seluk beluk pemeliharaan anggrek.

Sampai saat ini, Taman Anggrek Ragunan memiliki kurang lebih 5.000 spesies anggrek dari 20.000 – 30.000 spesies yang tersebar di seluruh dunia, itu karena iklim di Indonesia mendukung dan cocok untuk budidaya tanaman anggrek. Beberapa koleksi anggrek diantaranya adalah dendrobium, cattleya, oncidium, vanda dan phalaenopsis yang lebih dikenal sebagai anggrek bulan. Ya, di taman ini memang memiliki koleksi yang cukup lengkap mulai dari jenis persilangan hingga yang langka, seperti grammatophyllum speciosum atau anggrek harimau. Spesies anggrek yang satu ini merupakan anggrek langka yang memiliki keistimewaan tersendiri. Anggrek terbesar di dunia ini berkembang biak di sela-sela pohon besar.

Harga anggrek di sini pun bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Harga yang bervariasi dilihat dari jenis anggreknya, semakin langka anggrek tersebut semakin mahal pula harganya. Taman Anggrek Ragunan sangat cocok bagi Anda pecinta, kolektor, pehobi tanaman anggrek. Pilihan yang banyak, membuat Anda bisa memilih dan memborong anggrek yang Anda inginkan. (Angga W/geDoor)



25 Februari 2015 - 09:44:21 WIB
Foto : Angga W.
Dibaca : 6086
  • Jl. Harsono RM, Ragunan, Jakarta Selatan
  • 08.00 – 17.00 WIB
  • Maps

SHARE