Register Login
  1. Car Free Night Ramaikan Pergantian Tahun

    Car Free Night Ramaikan Pergantian Tahun Car Free Night Ramaikan Pergantian Tahun
  2. Car Free Night Ramaikan Pergantian Tahun

    Car Free Night Ramaikan Pergantian Tahun Car Free Night Ramaikan Pergantian Tahun
  3. Car Free Night Ramaikan Pergantian Tahun

    Car Free Night Ramaikan Pergantian Tahun Car Free Night Ramaikan Pergantian Tahun

Car Free Night Ramaikan Pergantian Tahun

Beda Gubernur beda pula kebijakan yang diambil, itulah yang dialami kota Jakarta. Ada terobosan baru guna merayakan pergantian tahun dengan cara yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Car Free Night yang dibungkus dengan tema Jakarta Night Festival merupakan sebuah inovasi bagaimana membuat ruas jalan utama Sudirman-Thamrin menjadi steril guna menjadi titik perayaan pergantian tahun baru2013.

Car Free Night pada dasarnya hampir sama dengan Car Free Day dimana wilayah Sudirman - Bundaran Hotel Indonesia - Thamrin akan bebas dari semua kendaraan bermotor baik itu mobil maupun motor bahkan bus Transjakarta. Yang membedakannya adalah untuk Car Free Night diberlakukan pada malam hari. Petugas lalu lintas secara serentak akan menutup jalan utama Sudirman - Thamrin pada pukul 20.00 hingga 02.00 Wib. Untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan menuju lokasi utama acara yakni Bundaran Hotel Indonesia, juga telah disiapkan kantong-kantong parkir yang telah disediakan. Total 16 panggung diberbagai titik akan menghibur masyarakat yang datang, beragam pertunjukan musik mulai dari pop, jazz hingga dangdut siap memeriahkan pergantian akhir tahun. Adapula karnaval aneka aksi serta atraksi dari berbagai komunitas, iring-iringan karnaval diikuti 1.000 orang.

Mereka antara lain dari komunitas sepeda, pelajar, parade lampion, marching band, seniman, sanggar budaya, dan sanggar dari berbagai daerah serta perwakilan dari sekolah-sekolah. Selain artis-artis ibukota yang akan mengisi panggung-panggung yang ada, akan diadakan pula acara karnaval bernuansa Betawi yang akan diberangkatkan dari Balai Kota pada pukul 22.00 Wib. Karnaval bergerak melewati daerah Thamrin dan menuju Bundaran Hotel Indonesia sebagai perhentian terakhir. Karnaval akan berhenti dan melakukan berbagai atraksi untuk memeriahkan pesta malam pergantian tahun 2013. Jokowi selaku Gubernur pun memukul gong yang menandai hitung mundur pergantian tahun yang diikuti oleh letupan pesta petasan yang menghiasi langit kota Jakarta dengan indahnya.

Namun agak berbeda dengan tahun sebelumnya, pesta kembang api dirasakan kurang spektakuler dan terkesan biasa-biasa saja mengingat lokasi ini merupakan salah satu titik pusat keramaian pada setiap malam tahun baru tiba. Bukan hanya Jakarta saja yang mengadakan Car Free Night sebagai salah satu cara alternatif dalam merayakan pergantian tahun, ada sejumlah wilayah yang turut ikut serta dalam program ini seperti di kota Bandung dan Solo. Dengan terbilang cukup suksesnya acara ini, maka di tahun-tahun yang akan datang tidak tertutup kemungkinan acara ini akan menjadi acara rutin tiap malam pergantian tahun. (Roy, gedoor.com)




04 Januari 2013 - 15:06:05 WIB
Foto : Roy / GeDoor.com
Dibaca : 1075

SHARE